daftar blog gratis penghasil uang

Search

Memuat...

Rabu, 03 Maret 2010

Mentan Resmikan Pabrik Benih Jagung Hibrida Pak Tani-2



KLATEN – Menteri Pertanian Suswono meresmikan pabrik benih  unggul jagung hibrida di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (17/2) . Merupakan hasil riset dari Badan Litbang Deptan, benih unggul  itu awalnya bernama Hipa2. Setelah dikomersialisasi  dengan menggandeng pihak swasta (PT Saprotan Benih Utama), benih dengan potensi produksi 10-13 ton per hektar  itu diber merek dagang Pak Tani-2.

Mentan menyambut baik hadirnya pabrik benih tersebut. ‘’Saya berharap kerjasama bisa terus berlanjut. Hadirnya benih jagung hibrida karya anak bangsa bisa mengurangi ketergantungan terhadap benih impor.’’
Benih unggul, jelas Mentan, punya peran penting dalam rangka upaya peningkatan produksi dan mendukung tercapainya swasembada jagung. Penggunaan benih jagung unggul tak hanya berkontribusi dalam peningkatan produksi dan produktiv itas pertanian, tapi juga dapat mendukung upaya diversifikasi,  peningkatan daya saing, nilai tambah dan ekspor pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani.


‘’Kenaikan produktivitas dari 5ton per hektar ke 10 ton per hektar tentu berdampak nyata bagi peningkatan pendapatan petani.’’  Karena itu, Kementrian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian akan terus mengembangkanr iset untuk menciptakan varietas-varietas unggul baru yang adaktif terhadap perubahan iklim.

Menurut direksi PT Saprotan BenuhUtama, Hipa2 sengaja dipilih karena beberapa alas an. Antara lain punya karakteristik pertumbuhan seragam, batang kokoh, daun tebal, warna hijau gelap yang menjadi khas favorit petani. Selain itu, Hipa-2 atau Pak Tani-2 punya potensi produksi13 ton per hektar.
Pada tahun 2009, benih Pak Tani-2 telah dibiakkan pada lahan 130 ha dengan hasil 250 ton benih jagung. Dengan kemitraan pola inti-plasma, benih jagung hibrida ini sudah teruji di multilokasi. Dengan Pak Tani-2, petani jagung rata-rata bisa memproduksi hasil di atas 10 ton per hektar.

Tahun 2010, pabrik Saprotan Benih Utama memasang target produksi benih 500 ton. Kapasitas produksi akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun  berikutnya dengan target 1500 dan 3000 ton pada 2011 dan 2012.

Selain meresmikan pabrik benih jagung hibrida, Mentan juga melakukan kunjungan kerja ke kelompok peternak Sedya Rahayu di Klaten,  menghadiri pesta rakyat “Wilujengan Garap Pasiten” (menyambut pengolahan lahan ramah lingkungan) Gapoktan Tani Mulyo di Polanharjo, Klaten dan meninjau sentra peternakan terpadu Lembah Hijau Multifarm di Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo. Di sela-sela kunjungan, Mentan –didampingi Dirjen Peternakan, Ka Balitbangtan, Bupati Klaten, Bupati Sukoharjo – menyempatkan dialog dengan petani dan peternak setempat. 

Sumber : deptan 18 februari 2010

1 komentar:

  1. kami Hikmah Tani Sukabumi mhn informasi benih pak tani 2 apakah bisa ditanam pada DPL 800 m seperti keadaan kami disukabumi jabar dan apakah kami bisa mendapatkan benih tersebut untuk kami demplot terima kasih.

    BalasHapus